Assalamualaikum, hallo…saya Raditya Ferdianto mahasiswa @mm_feunissula angkatan 66 tahun 2019. Tesis saya berjudul “Peran Kegunaan dan Kemudahan yang Dirasakan Dalam Meningkatkan Niat Pembelian Kembali (Studi Kasus Belanja Online melalui Smartphone di Jawa Tengah)”. Latar belakang penelitian ini adanya bisnis online yang mengalami penurunan penjualan secara drastis, untuk itu pengelola bisnis e-commerce perlu tindakan preventif dengan menginvestigasi lebih lanjut faktor-faktor yang dapat meningkatkan niat pembelian yang berkelanjutan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran manfaat dan kemudahan yang dirasakan untuk meningkatkan pembelian ulang dan mengetahui peran mediasi pengalaman berbelanja dalam mengetahui hubungan manfaat dan kemudahan terhadap pembelian ulang pada belanja online.
Teori yang digunakan adalah teori Technology Acceptance Model (TAM) dan Theory of Planned Behavior (TPB). Penelitian ini menggunakan desain eksplanatory dengan pendekatan kuantitatif. Metode pengumpulan data pada penelitian ini yaitu dengan membagikan kuesioner online. Kriteria responden adalah pengguna Mobile Shopping di Jawa Tengah dengan rentang usia 17-35 tahun dengan minimal pernah melakukan transaksi 1 kali dalam Marketplace tertentu. Jumlah responden yang ada dalam penelitian ini adalah 152 pembeli dalam mobile shopping di Jawa Tengah.
Data diolah menggunakan software Smart PLS 3.0. dan selama proses penyusunan riset, saya dibimbing oleh Prof. Dr. Hendar, SE., M.Si. Hasil penlitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan kegunaan yang dirasakan dan kemudahan yang dirasakan terhadap pengalaman seluler konsumen, sedangkan pengalaman konsumen dalam mobile shopping berpengaruh positif dan signifikan terhdap niat pembelian kembali.
